Tuesday, June 4, 2013

Rating:★★★★
Category:Music
Genre: Acoustic/Folk/Pop
Artist:Endah N Rhesa

Ini dia album yang paling ditunggu-tunggu earFriends!

Setelah tiga tahun, akhirnya pasangan suami-istri Endah Widiastuti (vokal, gitar) dan Rhesa Aditya (bass) kembali dengan album ketiganya. Album berjudul Escape ini bisa dibilang spesial, karena merupakan penutup dari album trilogi Endah N Rhesa. Di album pertamanya, Nowhere To Go, mereka nyiptain karakter bernama Shane Harden yang tinggal di Silence Island. Album kedua Look What We've Found menceritakan perjalanan Shane balik ke masa lalu. Sementara di album ketiga ini, Shane kembali ke masanya dan memutuskan buat escape dari Silence Island.

Ada sepuluh track di album yang baru rilis Jumat (3/5) lalu ini. Track pertamanya, Hypergalaxy Intro, dengan segala sound effect elektroniknya seolah ingin mempersiapkan imajinasi pendengarnya untuk berada di sebuah tempat yang dikuasai teknologi. Setelah itu ada lagu yang dijadikan single pertama di album ini, Silence Island, yang juga ramai dengan suara elektronik di sela-sela genjrengan gitar Endah. Lagu ini bercerita tentang kekacauan di sebuah tempat akibat penggunaan teknologi yang nggak bertanggung jawab.

Berikutnya, kita diajak bersantai di lagu Someday yang pelan dan sedikit galau, sebelum masuk ke lagu Spacybilly yang playful dan ceria. The fifth track, Just Tonight, is my favorite song from this album. Lagunya lumayan nge-beat, liriknya juga walaupun galau tapi optimis, hihihi. Somewhere in Between di track keenam juga masih tentang cinta-cintaan. Kalo aku nggak salah tangkap sih, si Shane ini escape-nya nggak barengan sama si doi, jadi mereka harus pisah.

Selanjutnya ada No Tears From My Eyes yang judulnya terkesan tegar banget ya, hehehe. Dari musiknya sendiri kita juga bisa merasakan adanya power dan keteguhan buat survive lho. Sepertinya si Shane yang mau escape ini justru nyasar ke tempat sepi antah berantah dan berusaha buat survive. Lagu kedelapan, Alone In The Loneliness, itu lagu paling galau di album ini, dari musik sampai liriknya, hihihi. Ceritanya tentang penantian terhadap seseorang yang nggak kunjung datang.

Setelah itu masih ada Gone Forever yang slow dan Sun Goes Down yang menutup album ini dengan sempurna. Menurutku Sun Goes Down itu liriknya meaningful banget, mengingatkan kita bahwa hidup itu cobaannya emang banyak, tapi nggak masalah. Although we fall for many times, we'll be fine. Kayak matahari yang tiap sore jatuh, tapi paginya selalu bisa bangkit lagi.

Overall aku suka sama album ini. Endah N Rhesa kembali membuktikan kalo mereka emang paling jago bikin lagu galau dan lirik meaningful. Dari musiknya sendiri juga khas banget. Nuansa di album Escape ini emang sedikit beda, tapi kita tetep bisa tahu kalo ini Endah N Rhesa. Lebih serunya lagi karena misteri cerita dan benang merah di trilogi album mereka akhirnya terungkap, jadi berasa didongengin.

Hmm... setelah album triloginya kelar, ke depannya mereka bakal bikin konsep apa lagi yaa? Can't wait!