Friday, December 6, 2013

Cieee... udah mau married ya? Kok baca-baca postingan ini? Hihihi. Bulan lalu aku sama calon suami (uhuk) udah survei ke beberapa gedung pertemuan yang biasa dipake nikah di Jogja. Berikut ini beberapa yang harga sewanya di bawah Rp 5 juta. 

1. Balai Pamungkas

Tempatnya yang di tengah kota bikin gedung berkapasitas 1.200 orang ini laris disewa buat nikahan. Walaupun tempat parkirnya nggak terlalu luas, tapi di depan gedung ada Stadion Kridosono yang siap dijadikan lahan parkir tambahan. Tapi kata pacar dan mamaku, kalo mereka kondangan di sini siang-siang biasanya gerah.

Untuk harga sewanya sendiri bakal naik di tahun 2014 nanti, tapi masih terjangkau kok. Berikut ini biayanya: 

Hari biasa
7.00 – 14.00: Rp 3 juta
16.00 – 23.00: Rp 3,5 juta
7.00 – 23.00: Rp 4 juta 
Hari Sabtu/Minggu
7.00 – 14.00: Rp 3,5 juta
16.00 – 23.00: Rp 4 juta
7.00 – 23.00: Rp 5 juta

Dengan harga di atas, kita udah dapet fasilitas sound system, 150 kursi lipat, 2 meja tamu, AC 4 PK, 2 blower, 2  ruang transit AC, ruang rias, ruang catering, dan cadangan genset. 

2. Gedung Serba Guna Adisucipto 

Letaknya emang rada jauh dari pusat kota, tapi gedung berkapasitas 1.000 orang ini juga lumayan jadi favorit orang-orang buat nikah. Luas parkirannya lumayanlah, dan menurutku tampilan gedungnya lebih bagus dibanding Balai Pamungkas.

Pas aku ke sana, bapak pengelolanya bilang belum ada kabar untuk harga sewa tahun 2014. Untuk saat ini, harga sewanya Rp 3,1 juta. Siang atau malam harganya sama, hari kerja ataupun hari libur juga segitu. Waktu pemakaiannya 7 jam, dari jam 7.00 – 14.00 atau 15.00 – 22.00.

Fasilitas yang didapat adalah 300 kursi, AC, listrik, air, keamanan, parkir panitia, dan kebersihan praacara. Kalo mau pake sound system, tambah lagi Rp 600 ribu. Kalo mau pake cadangan genset, tambah lagi Rp 1,25 juta. Tapi kalo ternyata genset-nya nggak kepake, uang kita dikembaliin Rp 500 ribu.

Jadi kalo diitung-itung, total biaya sewa gedung ini sekitar Rp 4,45 juta – Rp 4,95 juta. Tapi itu belom total juga sih, kalo mau tambah kursi+meja VIP, free parkir undangan, atau tambah yang lain-lain ya duitnya juga tambah lagi.

3. Pendapa SMKI 

Yang ini lokasinya juga agak jauh dari pusat kota, tapi karena papaku kenal orang SMKI, jadi aku dapet diskon, hehe. Tempat parkirnya juga luas. Kalo nyari tempat nikah yang bentuknya joglo, pendapa SMKI bisa jadi alternatif.

Untuk harga sewanya saat ini (tanpa diskon), pendapanya aja (kosongan) Rp 2,5 juta. Berikut ini biaya sewa tambahannya yang pasti kita pake:

Kursi lipat per buah: Rp 1.500 
Sound system: Rp 600 ribu 
Keamanan: Rp 100 ribu
Kebersihan: Rp 250 ribu 

Untuk biaya totalnya tergantung sih kita mau sewa berapa kursi, trus mau pake tambahan apa. Anggaplah kita sewa 200 kursi, berarti total biaya sewanya sekitar Rp 3,75 juta. Inget, itu belum termasuk sewa kursi dan meja VIP plus tambahan lain yang kita inginkan. 

Yah, itu beberapa gedung yang udah aku survei. Hopefully it will help. Yeah, you're welcome. ;)
Categories:

17 comments:

  1. cihiy mbak stariin! lancar ya sampai hari- H :)

    ReplyDelete
  2. Uhuy! Murah itu smuanya.. Di jambi, lebih dari 5 jutaaaa.. Hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanya marriednya di jogja aja ribsss, hahaha.

      Delete
    2. mbak ribkaadorable..
      ada info sewa gedung pernikahan di jambi gak?!
      mohon balasan nya ke rin_negan99@yahoo.com
      trims

      Delete
  3. aku kesasar ke blog ini, tapi infonya berguna sekali.... :D
    *btw, itu intronya dahsyat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehh ini mba ipeh yaa? ciye ciyeee udah mau married ya? kok baca2 postingan ini? hihihihihiii. =))

      Delete
  4. ada info yg lain lagi ga star?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gedung BKN jalan magelang, itu sekitar 3 juta, tapi gatau udah dapet fasilitas apa aja. pas dulu ke sana aku ga ketemu sama pengurus gedungnyaa.

      Delete
    2. maaf aku udah ga nyimpen contactnya... langsung ke sana aja. :)

      Delete
  5. ada CP Pendapa SMKI? trmksh sblmnya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf, aku udah ga nyimpen... langsung ke sana aja pas hari & jam kerja mba...

      Delete
  6. Lam kenal Starin,aku Nisa.makasih info yg manfaat bgt deh buat aku,eh ada kah disini yg pernah make wo Lisandra?kasih reviewnya dunk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal Nisa, seneng deh bisa bermanfaat. :)
      aku kurang tahu kalo lisandra, belum pernah denger juga review dari temen2. kalo aku kemarin pakenya WO nakarina...

      Delete
  7. wow,,infonya sangat menarik,,mengandung inspirasi yang bisa dikembangkan..Thanks gan

    ReplyDelete
  8. Wah info persewaan gedungnya sangat menarik kak. Buat yang kebetulan lagi searching2 vendor pernikahan.. Catering atau bahkan paket pernikahan bisa langsung kunjungi situs kami BMW Group. http://www.bumentik.com/search/label/Menu%20Buffet

    ReplyDelete