Wednesday, March 19, 2014

Penyakit satu ini emang rada nggak elit. Soalnya mitos yang berkembang, bintitan (timbilen atau hordeolum) disebabkan karena penderitanya habis ngintip orang. Ada juga yang bilang sebabnya karena dikencingin kecoak. Eiyuh bingit kaaan? Makanya malu banget pas kemarin aku terjangkit penyakit ini. 

Menurut beberapa sumber yang kubaca di internet, bintitan terjadi ketika muara kelenjar pada lapisan kelopak mata atas atau bawah meradang. Peradangan ini disebabkan karena muara kelenjar itu tersumbat kotoran seperti debu atau makeup. 

Nah, biasanya bintitan ini bisa sembuh sendiri. Makanya aku santai aja kayak di pantai waktu tiba-tiba si bintit ini nongol di kelopak atas mataku awal Februari lalu. Tapiii, sebulan telah berlalu, ternyata si bintit ini betah. Dia sempat sih mengecil beberapa hari, tapi kemudian membesar lagi. Karena udah mulai panik, akhirnya Sabtu (7/2) lalu aku memeriksakan mataku di Rumah Sakit Mata Dr. Yap.

Waktu itu dokternya nggak bilang banyak. Beliau cuma menekan bintitku terus nanya, “sakit, nggak?” Aku bilang “nggak”. Sang dokter bilang, kalo bintitnya masih sakit, berarti masih bisa diobati pake salep. Tapi berhubung bintitnya udah nggak sakit, berarti jalan satu-satunya buat menyembuhkan bintitanku ya hanya dengan operasi minor, alias dikoret biar nanahnya keluar.

Sore itu juga, aku langsung menjalani operasi bintit. Operasinya ternyata cuma sekitar 10 menit aja, tapi nungguinnya yang sampe 2 jam. :| Dan kalo menurutku sih sebenernya operasinya nggak sakit-sakit amat. Kalo dibandingin sama nyeri haid mah, sakit operasi bintit ini tergolong sakit level cupu. :p Tapi emang, horornya lebih ke secara psikologis. Ruang operasinya bikin seremmm.

Jadi pertama-tama, mata kita bakal ditetesi obat yang rasanya agak perih. Rambut kita kemudian ditutup pakai kain, baru deh siap masuk ke ruang operasi. Di dalam ruang operasi, kita dipersilakan tiduran di tempat tidur yang diterangi lampu menyilaukan. Lalu muka kita bakal ditutup pakai kain yang bolong di bagian mata yang akan dieksekusi. Karena takut, aku langsung minta ijin dokter buat menutup mata, hehe. Aku pun nggak liat apa yang dokter lakukan pada kelopak mataku. Yang jelas aku ngerasa kelopakku disuntik, ditarik-tarik, rada sakit sih.

Setelah operasi selesai, mataku ditutup pake kain kasa. Darah sempet netes walaupun mataku udah ditutup, bikin rada parno. Tiga jam setelah operasi, sesuai petunjuk dokter, kain kasa itu akhirnya dilepas, kemudian mataku harus dikompres dan diberi salep. Aku pikir, setelah itu simsalabim mataku langsung cantik lagi. Tapi ternyata enggak. T.T Kelopak mataku masih bengkak. Kata temenku yang dokter, emang begitu. Butuh waktu sekitar seminggu sampai kelopakku pulih seperti semula. Tapi ternyata sampai sekarang, udah hampir dua minggu, kelopakku masih rada bengkak. :’( Emang sih udah mendingan banget, tapi tetep aja belum oke buat dipakein eyeliner, haha.

Nggak dinyana, bintitan ternyata bisa semenderita ini, plus memakan banyak duit pula. Biaya operasinya sekitar Rp 600 ribu. Tuh makanya, jangan sepelekan bintitan! Selalu jaga kebersihan daerah seputar mata!
Categories:

10 comments:

  1. halo.. aku juga baru operasi seminggu yang lalu. tapi belum kempes juga bekas bintitannya sampe sekarang :(
    sekarang kelopak mata mba gimana?
    udah kempes blm bengkaknya?
    thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga. :)
      alhamdulillah punyaku sekarang udah kempes, kemarin kira2 sekitar sebulan baru bener2 kempes kembali seperti sedia kala. x)

      Delete
  2. Mba punten op nya di Yap atau di mana ya? Saya juga lagi cari info ini, agak khawatir .. thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di yap mba.. Semoga cepet sembuh yah. :)

      Delete
  3. Assalamualaikum..
    Mf mba mo nnya,stlh operasi apa ada bekas atau gmn ? Sprt operasi2 pda umum'y yg ninggalin bekas jahitan.
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  4. serem jga baca pengalaman nya saya jg ada bintitan cuma sudah pecah dan nanah nya sudah keluar tapi meninggalkan bekas benjolan di bawah bibir mata apa bisa di hilangkan ya ... sangat sedih sekali lihat kondisi mata saya ... mau kemana" jdi ngk pd.

    ReplyDelete
  5. Hallo mbak....aku juga sempet bintitan 3 tahun lalu dan bekasnya masih ada. Rada risih sih liatnya. Kelopak mata jadi besar satu. Kira kira masih bisa dilakukan operasi minor ngga ya? Thanks

    ReplyDelete
  6. Assmikum.mbk mau tanya mata saya kanan kiri ada benjolan agak besar klo sy kurang tdur pasti tambah.bsa gak mbak klo di operasi.biayanya sekitaran berapa ya?makasih

    ReplyDelete